Kini bumi ini dalam percaturan Nabi Akhir Zaman (Nabi Muhammad SAW) – Nur Muhammad

Sirah : Perang Badar Kubra

‎​Xpdc ke Medan Badar pd 4.1.2011 atau 29 muhrram 1432
Para peserta xpdc dibawa mengimbau kembali kawasan yang pernah menjadi saksi satu peristiwa penting yang menetukan nasib Islam apakah bersambung atau tidak.Ia berlaku pada bulan Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah, terjadilah perang Badar kubra. Sebuah pertempuran sengit yang sangat genting menjadi penentu nasib Islam. Oleh karena itu Allah swt. menyebutnya sebagai yaumal furqan (hari pembeda).

Sebagaimana firman Allah;
“Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba kami (Muhammad) pada hari Furqan, yaitu hari bertemunya dua pasukan.” (QS. Al-Anfal; 41)

Diantara kisah tentang perang ini adalah bahwa Rasulullah saw. telah mendengar berita tentang Abu Sufyan bin Harb. Ia sedang berada dalam perjalanan pulang dari negeri Syam dengan rombongan dagang yang besar milik kaum Quraisy. Pada rombongan itu terdapat harta-harta dan barang perniagaan. Saat itu sedang terjadi konflik antara umat Islam dengan kaum Quraisy yang musyrik.

Kaum Quraisy selalu berupaya dalam memerangi Islam, menghalangi jalan Allah dan membuat berbagai kesulitan bagi umat Islam. Kaum Quraisy mengorbankan harta dan segala yang dimilikinya untuk memerangi Islam, serta melipat gandakan gangguannya terhadap umat Islam. Ketika itu pasukan mereka telah sampai pada batas-batas Madinah dan sampai pada padang-padang gembalaan.

Ketika Rasulullah saw. mendengar bahwa Abu Sufyan sedang dalam perjalanan pulang dari negeri Syam memimpin rombongan dagang, sedangkan Abu Sufyan adalah orang yang paling keras dalam memusuhi Islam, Rasulullah menganjurkan untuk pergi menghadangnya. Beliau tidak mempersiapkannya secara matang. Sebab urusan kali ini adalah rombongan dagang, bukan orang-orang yang pergi ke medan perang.

Sampailah kepada Abu Sufyan berita tentang kepergian Rasululla saw. untuk menhalang kafilah dagangnya. Ia pun mengirim utusan ke Makkah meminta tolong kepada kaum Quraisy untuk membantu mereka dari pasukan kaum muslimin. Sent by DiGi from my BlackBerry® Smartphone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: